Sales Latters (Surat Penawaran & Penjualan)

Memahami Surat Penawaran dan Penjualan ( Sales Latter )

Penulisan surat yang bertujuan menjual suatu produk atau jasa merupakan sebuah tantangan menarik . Diperlukan suatu imajinasi yang tajam dan kemampuan meningkatkan minat beli konsumen melalui bahasa sebuah tulisan . Penulis surat dituntut untuk mengenali kebutuhan baru akan penggunaan barang-barang tersebut . Penulis suratpun harus piawai dalam memilih kata-kata secara jelas sehingga tercipta sebuah gambaran produk tersebut dalam pikiran pembaca .

Kalimat-kalimat yang mengandung sebuah bujukan harus dituangkan tanpa bertele-tele . Kalimat harus jelas sehingga mudah untuk dipahami pembaca . Pilihan kata-katanya pun terpilih secara akurat sehingga mendapatkan tanggapan yang positif . Hindarkan kata-kata yang dapat menimbulkan sebuah pertanyaan dalam mengartikan kalimat tersebut .

Prroduk yang ditawarkan pun haruslah diketahui oleh seorang penulis surat penjualan tersebut dan harus mengetahui bagaimana barang itu dibuat, asalnya, bagian-bagiannya, penyelidikan, faedahnya dan bagaimana menggunakannya, serta banyak faktor lainnya yang perlu untuk dikuasai .
Ada dua faktor penting dalam seni menjual :

     1.    Harus jujur dan yakin akan produknya
     2.    Harus mampu mengantisipasi setiap masalah yang diajukan oleh pembeli

Hal yang mungkin timbul bila tidak dilakukan sebuah analisa pasar ialah investasi tersebut akan terbuang dengan sia-sia . Hal yang meliputi analisa pasar :
  • Jumlah pembeli potensional
  • Sebuah penjualan baru dan tanggapan akan produk saingan
  • Kebiasaan dalam membeli dan konsentrasi pembeli secara geografi
  • Status pembeli dan minat, kesukaan
  • Keinginanpembeli atas suatu produk tertentu
  • Potensi penjualan produk jangka pendek dan panjang
  • Persyaratan yang diminta pembeli
  • Daya beli masyarakat
  • Kendala yang berakibat atas produk-produk saingan
Surat penawaran akanlah terlihat efektif, bila : Interest (minat), Description (uraian), Proof (bukti), Action (tindakan) . Empat bagian tersebut disingkat IDPA :
  1. Berusaha menarik minat pembeli
  2. Memberi keterangan tentang produk
  3. Adanya sebuah bukti akan produk
  4. Tindakan apa yang diinginkan untuk mencapai sebuah transaksi .
Baca juga Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kegagalan Perusahaan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar